Buku Manajemen PR karangan Rhenald Kasali
Melalui buku Manajemen PR karya Rhenald Kasali yang saya miliki, saya mendapatkan banyak ilmu di buku tersebut. Buku ini menceritakan tentang :
- Bagaimana pengertian Public Relation yaitu suatu pendekatan yang sangat strategis yang menggunakan konsep-konsep komunikasi. Dengan menggunakan teknik-teknik komunikasi yang sesuai , praktisi public relations akan menjadi tenaga yg sangat penting bagi dunia usaha.
- Opini publik, Opinari, yaitu berpikir atau menduga, sedangkan Publicus mempunyai arti milik masyarakat luas. Opini tidaklah terbentuk dengan begitu saja secara sederhana. Sebelum seseoranhg sampai pada tindakan tertentu, orang akan membuka kembali perasaan dan rekamannya yg terbentuk di masa lalu.
- Manajemen Public Relation yaitu Menyampaikan fakta dan opini, baik yg beredar didalam maupun di luar perusahaan, Menelusuri dokumen resmi perusahaan & mempelajari perubahan yg terjadi secara historis, Melakukan analisis SWOT Komponen S (Strengths) dan W (Weakness) dikaji dari unsur-unsur yang berasal dari dalam perusahaan. Sedangkan kedua komponen lainnya (Opportunities dan Threats) dikaji dari lingkungan dimana dia berada.
- Menetapkan Objective, yaitu menetapkan secara spesifik ke mana perusahaannya hendak dibawa. Titik yg spesifik ini disebut Corporate goals yang terdiri dari : Official Goals (maksud perusahaan didirikan), Opperative Goals (merupakan penjabaran yg lebih realistis atau operasi perusahaan).
- Mengelola Stakeholders, sebagai seorang PR diharapkan untuk dapat membina hubungan baik dengan Stakeholders eksternal maupun internal
- Proses PR dan riset, Secara Informasi terdiri dari beberapa langkah yaitu Definisikan permasalahan, Perencanaan dan program, Aksi dan komunikasi, Evaluasi program. Secara Penelitian terdiri dari Penelitian Informal, Penelitian Sekunder dan Penelitian Formal.
- Anggaran PR, ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan besarnya anggaran PR,yaitu Citra menyeluruh dan Posisi perusahaan didalam lingkungannya.
- Memanfaatkan Budaya Perusahaan, untuk mengembangkan pekerjaannya seorang praktisi PR dapat mengembangkan kegiatan komunikasi dalam perusahaan dgn alat-alat, sbb : Simbol, Bahasa, Ritus dan Seremoni, serta Kisah.
- Hubungan dan Lobi dengan Pemerintah, dalam kegiatan PR, pemerintah dianggap penting bukan saja karena pemerintah adalah pengatur negara dan pembuat keputusan penting, tetapi lebih dari itu, pemerintah terdiri atas orang-orang yg mempunyai pengaruh yg sangat besar bagi masyarakat dan kegiatan bisnis.
- Hubungan dengan Komunitas Lokal, yaitu komunitas yang berada di lingkungan sekitar instansi atau perusahaan.
- Iklan Korporat, hubungan antara perusahaan atau organisasi dan konsumennya sering dilakukan dengan menggunakan iklan.
- Keahlian Menulis, keahlian ini sangatlah penting dalam profesi PR. 70% kegiatan kehumasan adalah menulis sedangkan 30% sisanya adalah komunikasi.
- Memenuhi permintaan Pers, dalam press release tersirat bahwa perusahaan membutuhkan pers untuk menyebarkan informasi ke masyarakat luas. Perusahaan dengan dukungan praktisi PR berpikir keras bagaimana caranya agat berita yg dimilikinya dapat diterima dan dimuat dalam media.
- Company Profile, adalah suatu gambaran tertulis tentang sebagian fakta perusahaan yg disajikan secara resmi.
- Ketika kondisi Perusahaan menurun, Keep in touch! Jangan jauh dari permasalahan dan Key Person. Inilah kunci pekerjaan praktisi PR.
- Menangani krisis, langkah-langkah yg perlu dilakukan yaitu : Identifikasi, Analisis, Isolasi, Piliham strategi, Program pengendalian.
- Contoh-contoh kasus PR di beberapa perusahaan.
Ternyata buku ini berisi ilmu-ilmu yang benar-benar amat saya perlukan didalam dunia Public Relation. Menyenangkan bisa ketemu buku seperti ini.
Demikianlah rangkuman isi buku Manajemen PR karya Rhenald Kassali. Semoga bermanfaat.
Demikianlah rangkuman isi buku Manajemen PR karya Rhenald Kassali. Semoga bermanfaat.
Posting Komentar untuk "Buku Manajemen PR karangan Rhenald Kasali"