Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

EVENT SEMINAR ILMU KOMUNIKASI

Didalam dunia Public Relation, erat kaitannya dengan acara-acara yang bersifat publik. Dimana acara-acara tersebut yang akan membantu sebuah instansi maupun perusahaan dalam mempromosikan dirinya. Untuk itu seorang PR haruslah mampu mengerti dan bisa menjalankan sebuah peranan dalam suatu event tertentu. Mengingat bahwa seorang PR haruslah mampu untuk berkomunikasi di depan publik, yang tentunya menjadi modal utamanya dalam berkecimpung di dunia PR.
Manajemen Event Perusahaan yang bergerak dalam penyelenggaraan event memberikan pelayanannya dalam hampir seluruh aspek, seperti mendesain tempat penyelenggaraan event, menyusun tata letak untuk fasilitas yang diperlukan event, mempersiapkan tata cahaya, tata suara, penggunaan teknologi pada penyelenggaraan event (tele conference, video, dvd, projection) serta efek spesial lainnya yang diperlukan dalam event yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan event itu sendiri. Tentunya kebutuhan setiap event tidak sama antara satu dengan lainnya. Sehingga sangat dibutuhkan kreativitas yang tinggi. Hal ini berhubungan dengan pengalaman yang akan didapatkan oleh peserta, pengunjung atau pengguna event lainnya. Pengalaman yang diberikan haruslah pengalaman yang tidak terlupakan, karena salah satu kunci sukses event adalah dapat memberikan pengalaman luar biasa bagi peserta (Noor, 2009: 74). 
Proses perencanaan event dimulai menentukan tujuan yang dapat diterima dengan jelas oleh setiap anggota tim yang akan terlibat dalam pelaksanaan event. Tujuan merupakan langkah awal dalam setiap perencanaan sebuah event. Tujuan diselenggarakannya suatu event dapat berupa: pembelajaran, bertukar pikiran, sosialisasi, peringatan, hiburan, mempromosikan produk baru perusahaan atau meningkatkan pendapatan perusahaan dan sebagainya (Noor, 2009: 104). 
Tujuan  utama  diadakannya event adalah  tidak  semata- mata  mempromosikan produk atau perusahaan agar lebih dikenal khalayak sasaran, tetapi juga mempunyai tujuan lain yang ingin dicapai.(Ruslan,2012: 233).
Menurut Rosadi Ruslan, tujuan dari diadakannya suatu event, adalah:
  1. Awareness yaitu meningkatkan  pengetahuan  khalayak  terhadap  perusahaan atau produk yang ditampilkan.
  2. Memperoleh publikasi yang positif melalui komunikasi timbal balik.
  3. Menunjukkan  niat  baik  dari  perusahaan  atau  produk  yang  diwakilinya dan  sekaligus  memberikan  citra  positif  pada  masyarakat  sebagai  publik sasarannya.
  4. Mempertahankan penerimaan masyarakat.
  5. Memperoleh rekanan baru melalui event yang dirancang secara menarik dan kreatif. (Ruslan,2012: 231). Suatu event diadakan  karena  ada  beberapa  fungsi  yang  dapat  dimanfaatkan perusahaan. Fungsi tersebut antara lain sebagai berikut yaitu : Memberikan  informasi  secara  langsung  (tatap muka)  dengan harapan mendapatkan timbal balik yang positif dari publiknya. Kemudian menjadi  media  komunikasi  sekaligus  mendapatkan  publikasi  sehingga pada    akhirnya   publik    sebagai    target    sasaran    akan    memperoleh pengenalan, pengetahuan, dan pengertian mendalam terhadap tujuan dari acara tersebut. Dari event tersebut juga  diharapkan  akan  tercipta  citra  positif  perusahaan  atau  produk  yangdiwakilinya.(Ruslan, 2012: 234).

Pada tanggal 21 April 2019 kami sebagai mahasiswa/ mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi Stisipol Candradimuka diminta untuk membuat sebuah event yang tentunya keseluruhan sistematis event tersebut direncanakan oleh kami. Event ini juga sekaligus sebagai tugas dari Mata Kuliah Dasar-Dasar Public Relation yang sedang kami jalani. Adapun tema event kami "Menuju Kesuksesan Dengan Unggul Berkomunikasi di Era Digital". Tujuan kami mengambil tema ini, kami ingin agar publik lebih mengetahui bagaimana cara berkomunikasi yang baik di dalam Era Digital yang serba canggih ini. Event yang bertempat di Gedung Dunkin Donuts Jalan Demang Lebar Daun ini berhasil mendapatkan nilai kesuksesan dari dosen kami Ibu Sumarni Bayu Anita, S.Sos, M.A. Event yang lebih bersifat seminar ini dikemas dengan sesimple dan sesantai mungkin  supaya peserta merasakan suatu kenyamanan dalam event ini, sehingga peserta dapat menyerap ilmu sebanyak mungkin. Event ini diisi oleh 3 orang narasumber yang cantik-cantik serta enerjik. Adapun ketiga orang narasumber kami tersebut, yaitu :
  1. Ibu Sumarni Bayu Anita, S.Sos, M.A (Dosen cantik kami selaku Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi)
  2. Mbak Maya Alentina selaku Marketing Pal Tv
  3. Mbak Yuanita Sari, S. I.Kom selaku Kepala Divisi Humas Komunitas Mahasiswa IlKom Universitas Bina Darma
O iya guys, disamping itu tujuan kami mengambil tema ini karena ingin memperkenalkan kampus kami kepada publik. Kampus Stisipol Candradimuka telah membuka pendaftaran untuk Magister S2 Jurusan Ilmu Komunikasinya. Program S2 ini akan memperdalam ilmu tentang Komunikasi Politik serta Marketing Corpoorate.





Menyenangkan sekali acara kami dapat berjalan lancar dan sukses. Dan tak lupa kami mengucapkan Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas terselenggaranya acara kami ini. Semoga melalui event ini, kami lebih mendapat ilmu lagi mengenai dunia Public Relation.
Sekian dulu ya guys cerita saya ini. Nantikan cerita-cerita saya yang lainnya ya.
Mamayuni Saya seorang yang tidak mudah menyerah, Tidak mau basa basi (apa adanya) dan Pekerja keras

Posting Komentar untuk "EVENT SEMINAR ILMU KOMUNIKASI"