EVENT SEMINAR ILMU KOMUNIKASI
Didalam dunia Public Relation, erat kaitannya dengan acara-acara yang bersifat publik. Dimana acara-acara tersebut yang akan membantu sebuah instansi maupun perusahaan dalam mempromosikan dirinya. Untuk itu seorang PR haruslah mampu mengerti dan bisa menjalankan sebuah peranan dalam suatu event tertentu. Mengingat bahwa seorang PR haruslah mampu untuk berkomunikasi di depan publik, yang tentunya menjadi modal utamanya dalam berkecimpung di dunia PR.
Manajemen Event
Perusahaan yang bergerak dalam
penyelenggaraan event memberikan
pelayanannya dalam hampir seluruh
aspek, seperti mendesain tempat
penyelenggaraan event, menyusun tata
letak untuk fasilitas yang diperlukan
event, mempersiapkan tata cahaya, tata
suara, penggunaan teknologi pada
penyelenggaraan event (tele conference,
video, dvd, projection) serta efek spesial
lainnya yang diperlukan dalam event
yang tentunya disesuaikan dengan
kebutuhan event itu sendiri. Tentunya
kebutuhan setiap event tidak sama antara
satu dengan lainnya. Sehingga sangat
dibutuhkan kreativitas yang tinggi. Hal ini
berhubungan dengan pengalaman yang
akan didapatkan oleh peserta, pengunjung
atau pengguna event lainnya.
Pengalaman yang diberikan haruslah
pengalaman yang tidak terlupakan, karena
salah satu kunci sukses event adalah
dapat memberikan pengalaman luar biasa
bagi peserta (Noor, 2009: 74).
Proses perencanaan event dimulai
menentukan tujuan yang dapat
diterima dengan jelas oleh setiap
anggota tim yang akan terlibat dalam
pelaksanaan event. Tujuan merupakan
langkah awal dalam setiap perencanaan
sebuah event. Tujuan
diselenggarakannya suatu event dapat
berupa: pembelajaran, bertukar
pikiran, sosialisasi, peringatan,
hiburan, mempromosikan produk baru
perusahaan atau meningkatkan
pendapatan perusahaan dan
sebagainya (Noor, 2009: 104).
Tujuan utama diadakannya event adalah tidak semata- mata
mempromosikan produk atau perusahaan agar lebih dikenal khalayak sasaran, tetapi juga mempunyai tujuan lain yang ingin dicapai.(Ruslan,2012: 233).
Menurut Rosadi Ruslan, tujuan dari diadakannya suatu event, adalah:
- Awareness yaitu meningkatkan pengetahuan khalayak terhadap perusahaan atau produk yang ditampilkan.
- Memperoleh publikasi yang positif melalui komunikasi timbal balik.
- Menunjukkan niat baik dari perusahaan atau produk yang diwakilinya dan sekaligus memberikan citra positif pada masyarakat sebagai publik sasarannya.
- Mempertahankan penerimaan masyarakat.
- Memperoleh rekanan baru melalui event yang dirancang secara menarik dan kreatif. (Ruslan,2012: 231). Suatu event diadakan karena ada beberapa fungsi yang dapat dimanfaatkan perusahaan. Fungsi tersebut antara lain sebagai berikut yaitu : Memberikan informasi secara langsung (tatap muka) dengan harapan mendapatkan timbal balik yang positif dari publiknya. Kemudian menjadi media komunikasi sekaligus mendapatkan publikasi sehingga pada akhirnya publik sebagai target sasaran akan memperoleh pengenalan, pengetahuan, dan pengertian mendalam terhadap tujuan dari acara tersebut. Dari event tersebut juga diharapkan akan tercipta citra positif perusahaan atau produk yangdiwakilinya.(Ruslan, 2012: 234).
Pada tanggal 21 April 2019 kami sebagai mahasiswa/ mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi Stisipol Candradimuka diminta untuk membuat sebuah event yang tentunya keseluruhan sistematis event tersebut direncanakan oleh kami. Event ini juga sekaligus sebagai tugas dari Mata Kuliah Dasar-Dasar Public Relation yang sedang kami jalani. Adapun tema event kami "Menuju Kesuksesan Dengan Unggul Berkomunikasi di Era Digital". Tujuan kami mengambil tema ini, kami ingin agar publik lebih mengetahui bagaimana cara berkomunikasi yang baik di dalam Era Digital yang serba canggih ini. Event yang bertempat di Gedung Dunkin Donuts Jalan Demang Lebar Daun ini berhasil mendapatkan nilai kesuksesan dari dosen kami Ibu Sumarni Bayu Anita, S.Sos, M.A. Event yang lebih bersifat seminar ini dikemas dengan sesimple dan sesantai mungkin supaya peserta merasakan suatu kenyamanan dalam event ini, sehingga peserta dapat menyerap ilmu sebanyak mungkin. Event ini diisi oleh 3 orang narasumber yang cantik-cantik serta enerjik. Adapun ketiga orang narasumber kami tersebut, yaitu :
- Ibu Sumarni Bayu Anita, S.Sos, M.A (Dosen cantik kami selaku Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi)
- Mbak Maya Alentina selaku Marketing Pal Tv
- Mbak Yuanita Sari, S. I.Kom selaku Kepala Divisi Humas Komunitas Mahasiswa IlKom Universitas Bina Darma
O iya guys, disamping itu tujuan kami mengambil tema ini karena ingin memperkenalkan kampus kami kepada publik. Kampus Stisipol Candradimuka telah membuka pendaftaran untuk Magister S2 Jurusan Ilmu Komunikasinya. Program S2 ini akan memperdalam ilmu tentang Komunikasi Politik serta Marketing Corpoorate.
Menyenangkan sekali acara kami dapat berjalan lancar dan sukses. Dan tak lupa kami mengucapkan Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas terselenggaranya acara kami ini. Semoga melalui event ini, kami lebih mendapat ilmu lagi mengenai dunia Public Relation.
Sekian dulu ya guys cerita saya ini. Nantikan cerita-cerita saya yang lainnya ya.
Posting Komentar untuk "EVENT SEMINAR ILMU KOMUNIKASI"