CERITAKU DALAM MEMBUAT TUGAS MAKALAH CALL FOR PAPER
Didalam perkuliahan, tentunya kita mengenal makalah call for paper yang biasanya dibuat di semester-semester akhir dan itu tandanya kita akan segera lulus dari sebuah kampus ya Guys. Seperti kali ini saya mendapatkan tugas membuat makalah call for paper yang judulnya dapat disesuaikan dengan kemauan kita sendiri tetapi mengikuti dengan program studi yang diikuti oleh mahasiswanya tentunya. Untuk tugas makalah call for paper saya mengambil tema analisis semiotika dengan judul "Representasi Pahlawan Dalam Iklan Sirup Marjan Episode Singa Barong dan Kelana Super Hero (2021)". Menurut saya judul ini menarik, sehingga saya merasa antusias untuk membuat makalah call for paper menggunakan judul tersebut.
Seperti yang ada di dalam gambar diatas ya Guys, tampak tokoh Singa Barong dan Kelana Super Hero nya yang ada di iklan tersebut. Semua tokoh tersebut memerankan peranan masing-masing dengan bagus. Saya mengambil judul makalah ini tentunya dikarenakan merasa tertarik dengan tema pahlawan yang ditampilkan di dalam iklan sirup marjan oleh PT. Suba Indah sejak tahun 1975 ini. Perusahaan ini selalu menyajikan iklan sirup Marjan di setiap bulan Ramadhan dengan berbeda temanya, dengan tayangnya iklan ini, maka terasa bahwa saatnya menyambut bulan Ramadhan. Iklan Sirup Marjan ini selalu menampilkan konten-konten yang berbeda setiap tahunnya, dengan tema yang tentunya berkaitan dengan bulan ramadhan. Tema iklan sirup yang satu ini selalu berubah dengan seiring perkembangan jaman, dengan suguhan yang bersifat tentang keharmonisan keluarga maupun tentang dunia anak-anak. Pada tahun 2021, iklan sirup marjan ini menceritakan tentang penculikan anak-anak yang dilakukan oleh komplotan Codot bati, lalu anak-anak tersebut ditolong oleh Singa barong dan Kelana super hero secara kerjasama. Disamping itu penyajian iklan sirup ini selalu menyajikan kesegaran rasa buah-buahan yang terasa amat menggugah selera, apalagi di saat bulan ramadhan. Iklan sirup marjan dipadukan dengan cerita-cerita yang akan menambah menariknya sebuah iklan, demi tercapainya tujuan daripada stategi komunikasi pemasaran. Rasa yang ditawarkan bermacam-macam seperti cocopandan, orange, melon, mangga, vanila, coffee, rose, lychee, guava, fruitpunch, nanas serta campuran susu yang dipadukan dengan rasa buah-buahannya.
Disamping karena sirup marjan memang memiliki varian rasa yang menarik dan menyegarkan, memang benar-benar sesuai dengan iklannya yang menyuguhkan tema-tema yang tak kalah menariknya. Seperti pada tahun 2021, iklan sirup marjan ini menyajikan tema cerita tentang pahlawan dengan kekuatan super yang memberantas sebuah kejahatan dan dikemas dalam kesenian Reog khas daerah Ponorogo. Tema cerita daripada iklan sirup ini bercerita tentang anak-anak yang diculik oleh siluman jahat, lalu diselamatkan oleh Singa Barong dan Kelana Super Hero dan memperoleh kemenangan. Sehingga saya merasa bertambah tertarik untuk membuat tugas makalah ini. Adapun iklan ini mengungkapkan fokus representasi seorang pahlawan terhadap iklan sirup marjan episode singa barong dan kelana super hero melalui analisis semiotikanya yang sesuai dengan program studi ilmu komunikasi yang sedang saya tempuh saat ini. PT. Suba Indah benar-benar memadukan unsur strategi pemasaran serta kesenian daerah Ponorogo serta pahlawan animasi, sehingga menjadikan iklan ini bertambah menarik. Yang tentunya, pasti melibatkan anak-anak sebagai sasaran pemasaran produk, dengan harapan, ketika anak-anak menonton iklan ini dapat tergugah keinginannya untuk mengkonsumsi sirup ini menjadi promotor bagi orangtua mereka untuk membeli sirup marjan tersebut.
Pilihan judul makalah call for paper ini sebelumnya memang saya dapatkan dari rasa tertarik untuk lebih menelitinya, tetapi lebih banyak andil yang didapatkan dengan gagasan serta masukan dari Dosen pengampu mata ajar yang saya ikuti. Saya merasa pilihan judul penelitian ini berbeda dari keseharian pekerjaan saya, sehingga tidak ada rasa bosan untuk mengerjakan tugas ini, disamping itu dengan harapan mendapatkan pengetahuan dan bisa mendapat nilai yang baik juga. Dalam mengerjakan makalah call for paper ini lebih menggunakan analisis semiotika, tetapi narasumber yang saya pakai lebih kepada penelitian yang menggunakan bantuan video-video youtube yang dishare dengan bentuk berbeda sehingga saya bisa memadukan video-video tersebut menjadi sebuah sumber penelitian. Adapun metode penelitian yang saya gunakan yaitu Analisis Semiotika menurut Roland Barthes, yang pada dasarnya semiologi hendak mempelajari bagaimana kemanusiaan (humanity) memaknai hal-hal (things). Memaknai (to sinify) dalam hal ini tidak dapat dicampuradukkan dengan mengkomunikasikan (to communicate). Memaknai berarti bahwa objek-objek tidak hanya membawa informasi, dalam hal mana objek-objek itu hendak berkomunikasi, tetapi juga mengkonstitusi sistem terstruktur dari tanda (Barthes, 1998:179), Kurniawan, 2001:53 dalam Sobur, 2009:15). Semiotika lebih memperhatikan makna pesan dan cara pesan disampaikan melalui tanda-tanda.
Didalam membuat sebuah tugas, tentunya kita akan dihadapkan dengan kesulitan-kesulitan yang ada. Seperti tugas membuat makalah call for paper ini, sedikit kesulitan yang saya hadapi terkait bahan referensi terkait pengertian pahlawan di dalam artian animasi. Namun, kesulitan tersebut dapat saya atasi dengan bantuan referensi dari jurnal online yang memberikan pengertian tentang pahlawan dalam artian sebenarnya serta pahlawan animasi. Jurnal-jurnal online tersebut menjadi salah satu referensi saya dalam membuat makalah ini, dan tentunya terutama buku-buku yang menurut pendapat saya dapat membantu menjadi pondasi makalah ini.
Seperti foto-foto saya bersama buku-buku referensi yang saya gunakan dalam membuat makalah ini.
Iklan ini menggunakan latar belakang suasana ninja berikut pertarungannya, sehingga menambah kesan animasi nya.
O iya Guys, dalam artikel ini, saya akan menceritakan sedikit tentang mata kuliah yang sedang saya ikuti di semester ini, yaitu mata kuliah Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif dan tentunya saya memiliki bukunya ya Guys (seperti foto yang saya tampilkan berikut ini). Buku karangan Dr. Sugeng Pujileksono, M.Si ini benar-benar begitu penting menurut saya, dikarenakan ulasan yang ada di dalamnya mampu membantu saya membuat makalah ini. Buku ini menjelaskan tentang jenis-jenis penelitian, yang dijelaskan dari berbagai aspek. Disamping itu menjelaskan tentang metode dan teori komunikasi yang dapat digunakan untuk penelitian terkait komunikasi. Berikut juga penjelasan tentang teknik dasar dalam penelitian.
Namun, bukan hanya buku yang satu ini yang menjadi referensi saya dalam membuat makalah ini, ada 2 buah buku lagi yang saya beli dan siaplah menjadi referensi tugas saya. Hmmm.
Mantap tulisannya. Semangat selalu kuliahnya Bu Yuni...
BalasHapus