Manajemen Public Relation
Berdasarkan poin-poin dari Grunig & Hunt, praktisi PR harus membentuk suatu keharmonisan dengan berbagai unsur dalam perusahaan itu sendiri, yaitu :
- Secara Fungsi : The real job
- Secara Terstruktur : Hirarki organisasional individu & posisi
- Secara Proses : Pengambilan keputusan formal tentang peraturan & prosedur yang terdapat dalam perusahaan
- Secara Umpan Balik : Mekanisme evaluatif formal & informal perusahaan
Ruang lingkup PR :
Ke Dalam :
Ke Dalam :
- Membina sikap mental karyawan
- Menumbuhkan semangat korp atau kelompok yg sehat dan dinamis
- Mendorong tumbuhnya kesadaran perusahaan
Ke Luar :
Mengusahakan tumbuhnya sikap dan citra (image) publik yang positif terhadap segala kebijakan dan tindakan perusahaan
Proses PR & Pendekatan Manajerial, meliputi :
- Fact Finding, yaitu mencari & mengumpulkan fakta/ data sebelum melakukan tindakan
- Planning, yaitu membuat rencana tentang apa yang harus dilakukan dalam menghadapi masalah itu
- Communicating, yaitu mengkomunikasikan atau melakukan kegiatan operasionalnya
- Evaluation, yaitu mengadakan evaluasi tentang suatu kegiatan, apakah tujuan sudah tercapai atau belum.
Bagaimana strategi managementnya :
- Menentukan misi perusahaan
- Mengembangkan company profile
- Penilaian terhadap lingkungan ekstrem perusahaan
- Analisis peluang
- Identifikasi
Demikianlah ilmu yg saya dapat dari dosen cantik kami ibu Sumarni Bayu Anita, S. SOS, M.A.
Posting Komentar untuk "Manajemen Public Relation"