PENGANTAR DASAR-DASAR PUBLIC RELATION
Menyenangkan saya memulai kembali mata kuliah Ilmu Komunikasi bersama ibu Sumarni Bayu Anita. Didalam Ilmu Komunikasi tentunya kita harus mempelajari dasar-dasar daripada ilmu mengenai Public Relation. Konsep Public Relation didalam sejarah awalnya berupa Kepentingan Bisnis saja yaitu publisitas bersifat satu arah (Propaganda). Yang kemudian bertujuan membantu korporasi untuk menyesuaikan diri dgn lingkungannya.
Tokoh PR yang pertama kali yaitu Ivy Lee yang lahir di Cedartown, Amerika Serikat, 16 Juli 1934, dan meninggal di New York, Amerika Serikat, 9 November 1987 diketahui berprofesi seorang jurnalis serta bekerja untuk kampanye kandidat wali kota New York bernama Seth Low
Adapun definisi PR yaitu fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dgn publik yang mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan organisasi.
Unsur-unsur dalam Definisi PR :
- Melakukan program terencana dan berkesinambungan sebagai bagian dari manajemen organisasional
- Menangani hubungan antar organisasi dengan stakeholdernya
- Memonitor kesadaran, opini, sikap dan perilaku didalam dan di luar organisasi
- Menganalisis dampak dari kebijakan, prosedur dan aksi dari stakeholder
- Mengidentifikasi kebijakan, prosedur dan tindakan yang bertentangan dengan kepentingan publik & kelangsungan hidup organisasi
- Memberi saran kepada manajemen dalam hal kebijakan baru
- Membangun dan mempertahankan komunikasi 2 arah
- Menciptakan perubahan yang terukur dalam kesadaran, opini, sikap, dan perilaku didalam dan diluar organisasi
Lantas, siapa saja yang menggunakan jasa PR ???
Posting Komentar untuk "PENGANTAR DASAR-DASAR PUBLIC RELATION"