Marketing PR & MICE
Marketing Public Relations menjadi semakin penting karena itikad baik (good will) menjadi suatu bagian dari profesionalisme yang pasti akan terbentuk karena pembentukan simpati konsumen secara efektif dan efisien sudah merupakan keharusan dimana tingkat kompleksitas dan pemuasan kebutuhan nasabah sudah mencapai tingkat yang canggih dalam kegiatan pengemasannya.
Marketing Public Relations (MPR) merupakan proses perencanaan dan pengevaluasian program-program yang merangsang pembelian dan kepuasan konsumen melalui komunikasi mengenai informasi yang dapat dipercaya dan melalui kesan-kesan yang menghubungkan perusahaan dan produknya sesuai dengan kebutuhan, keinginan, perhatian dan kepentingan para konsumen. Tujuan Pemasaran yaitu :
- Memperkenalkan produk ke khalayak dan mendapakan untuk secepat mungkin. Jadi, pemasaran dilakukan agar perusahaan bisa menutup semua biaya produksi yang digunakan untuk barangdan jasa yang mereka jual. Jika ternyata lebih, maka itulah yang dinamakan untung.
- Mempertahankan agar perusahan tersebut dapat bertahan dengan pelanggan yang setiap dengan barang dan jasa yang mereka jual. Karena itulah perusahaan juga harus inovatif, memberikan potongan harga khusus, dan juga membuat barang dan jasa yang kreatif.
Namun untuk itu, terlebih dahulu kita memahami penjelasan berikut ini :
merupakan upaya penekanan terhadap identitas sebuah brand kepada public. Pemilik brand biasanya tidak mengarahkan langsung strategi public relationnya kepada target market tetapi melalui pihak ketiga (media, konsultan, komunitas) sehingga diharapkan target market dapat memperoleh gambaran penguatan terhadap identitas brand tersebut dari pihak ketiga yang akhirnya mampu menjadi kekuatan tersendiri bagi target market untuk membeli / memilih sebuah Brand.
Advertising
merupakan bentuk penyajian dari materi atau pesan dengan cara persuasif ke pada masyarakat dengan menggunakan media masa yang memiliki tujuan agar dapat mempromosikan barang atau jasa yang di sediakan atau dijual oleh perusahaan.
Maka, seorang PR memasarkan produk atau layanannya melalui sebuah media (iklan) melalui strategi pemasaran untuk mencapai Sales Point yang diharapkan.
Strategi Public Relation dilakukan agar perception value dapat sampai ke target market melalui pihak lain diluar pemilik brand dimana pihak lain tersebut merupakan suatu pihak yang dipercaya oleh target market.
Marketing merupakan pengenalan sebuah identitas (keunggualan / keunikan) sebuah brand dan strategi menempatkan perception value kepada public. Marketing dilakukan oleh pemilik brand.
Elemen penting perencanaan PR :
- Latar belakang/ analisis situasi , diperlukan untuk mengetahui di mana kita berada, dan yang kami inginkan. Jika kita tidak mengetahui hal tersebut, kita tidak bisa membuat beberapa rencana. Analisis yang dapat mempersingkat atau yang memperpanjang dan penelitian mendalam, tergantung kebutuhan .
- Menetapkan tujuan (harus SMART, Specific (tujuan harus fokus, jelas dan ringkas), Measurable (harus dapat dibandingkan, diukur, untuk melakukan evaluasi yang lebih mudah), Achievable (realistis, dapat dicapai. Jangan berandai-andai), Time (waktu yang spesifik).
- Publik/ target sasaran, adalah penerima dari kegiatan komunikasi. Beberapa publik / target sasaran yang jelas dan mudah untuk mengidentifikasi, tetapi beberapa dari mereka harus ditetapkan terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan komunikasi. Identifikasi publik / target sasaran harus berdasarkan prioritas, karena kita tidak dapat berkomunikasi dengan seluruh sasaran yang relevan sekaligus pada saat yang sama.
Pertanyaan apa yang harus kita siapkan dalam memasarkan sebuah produk :
- Apa jenis produk atau layanan kita..?
- Siapa target kita (gaya hidup target, produk/ servis kita)
- Apa yang bisa kita perbuat
- Dari mana dan dari segi apa target mendapat merek utama (dalam proses keputusan pembelian)
- Apa kepentingan & keuntungan target.
Dan tentunya setelah program Marketing kita jalankan, upaya terakhir yang harus kita lakukan yaitu mengadakan Evaluasi, karena evaluasi amat diperlukan dalam mempertahankan branding sebuah produk/ layanan didalam linkungan masyarakat.
Demikianlah sedikit tentang Marketing Public Relation, semoga bermanfaat.
Posting Komentar untuk "Marketing PR & MICE"