MEDIA RELATION
Hallo guys, kali ini saya akan membahas tentang Media Relation.
Apa itu Media Relation ..?
Apa itu Media Relation ..?
Merupakan bagian dari public relation eksternal yang membina dan mengembangkan hubungan baik dengan media massa sebagai sarana komunikasi antara organisasi dengan public untuk mencapai tujuan organisasi.
TUJUAN PENGGUNAAN MEDIA DALAM PR :
- Membantu mempromosikan dan menigkatkan penjualan produk dan jasa
- Menjalin komunikasi berkesinambungan
- Meningkatkan kepercayaan public
- Meningkatkan citra baik perusahaan/ organisasi
TUJUAN MEDIA RELATION :
Bila suatu perusahaan menjalankan program media relation, pada umumnya adalah perusahaan yg sangat membutuhkan dukungan media massa dalam pencapaian tujuan organisasi, cecara rinci tujuan media relation menurut Rachmadi dan Diah Wardani :
- Memperoleh publisitas seluas mungkin mengenai kegiatan serta lembaga
- Memperoleh tempat dalam pemberitaan media
- Memperoleh umpan balik dari masyarakat mengenai upaya dan kegiatan organisasi
- Mewujudkan hubungan yang stabil dan berkelanjutan yg dilandasi oleh saling percaya.
MANFAAT MEDIA RELATION :
Hubungan yg tercipta baik antara organisasi dg media yg diwakili oleh praktisi PR diharapkan akan lebih positif, sehingga akan terlihat manfaat dari adanya media relations, Yaitu:
- Menyampaikan informasi yang akurat, jujur kepada publik.
- Membangun pemahaman mengenai tugas dan tanggung jawab organisasi dan media massa
- Membangun kepercayaan timbal balik dengan prinsip saling menghormati, menghargai, kejujuran serta kepercayaan.
BEBERAPA MACAM MEDIA YANG DIGUNAKAN OLEH SEORANG PRAKTISI PR :
1. Media pers (press)
Media ini terdiri dari berbagai macam koran yang beredar di masyarakat secara umum, baik yang berskala regional maupun nasional atau bahkan internasional, koran-koran gratis, majalah-majalah, yang diterbitkan secara umum maupun hanya dalam jumlah terbatas untuk kalangan tertentu; buku-buku petunjuk khusus; buku-buku tahunan dan laporan-laporan tahunan dari berbagai lembaga yang sengaja dipublikasikan untuk umum.
2. Audio-visual
Media ini terdiri dari slide dan kaset video, film-film dokumenter.
3. Radio
Kategori ini meliputi semua jenis radio, mulai dari yang berskala lokal, nasional hingga internasional baik yang dipancarkan secara luas maupun yang dikemas secara khusus.
4. Televisi (televisi nasional, regional maupun internasional).
5. Pameran
6. Bahan-bahan cetakan (printed material)
Yakni berbagai macam bahan cetakan yang bersifat mendidik, informatif, dan menghibur yang disebarkan dalam berbagai bentuk guna mencapai tujuan humas tertentu.
7. Penerbitan buku khusus (sponsored books)
Isi buku ini bisa bermacam-macam, misalnya saja mengenai seluk-beluk organisasi, petunjuk lengkap mengenai cara penggunaan produk-produknya atau bisa juga mengenai keterangan tentang berbagai aspek yang berkenaan dengan produk atau organisasi itu sendiri.
8. Surat langsung (direct mail)
Surat PR seperti ini tidak saja ditujukan kepada tokoh atau pribadi-pribadi tertentu saja, tetapi juga kepada berbagai macam lembaga yang sekiranya relevan, atau untuk dipajang di tempat-tempat umum.
9. Pemberian sponsor (sponsorship)
Suatu organisasi atau perusahaan bisa pula menjalankan kegiatan PRnya melalui penyediaan dana atau dukungan tertentu atas penyelenggaraan suatu acara seni, olahraga, ekspedisi, beasiswa universitas, sumbangan amal, dan sebagainya. Kegiatan penyediaan sponsor ini juga sering dilakukan dalam rangka melancarkan suatu iklan atau mendukung usaha-usaha pemasaran.
10. Jurnal organisasi (house jurnals)
Demikianlah sedikit pembahasan saya mengenai apa itu Media Relation didalam dunia PR, sampai jumpa di blog saya yang lainnya ya.
Posting Komentar untuk "MEDIA RELATION"