GOVERNMENT RELATION
Government relations yaitu kegiatan public relations dalam rangka mengatur dan memelihara hubungan dengan pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah atau dengan jawatan-jawatan resmi yang berhubungan dengan kegiatan perusahaan.
Dalam era globalisasi serta kompetisi yang semakin ketat maka membangun citra dan reputasi merupakan tuntutan yang sangat mendesak dan wajib dicermati oleh lembaga swasta maupun lembaga pemerintah. Citra adalah persepsi publik tentang sesuatu bias individu, juga bias lembaga. Reputasi adalah nama baik atau sebuah kepercayaan oleh seseorang atau siapapun yang memiliki kewenangan untuk memberikannya kepada siapapun yang pantas untuk menerima penghargaan atas upaya yang telah dilakukannya. Citra dan Reputasi dibentuk oleh informasi yang diterima individu, jika informasinya positif maka citra dan reputasinya positif sebaliknya jika informasinya negatif maka akan membentuk citra dan reputasi yang negatif. Setiap Lembaga menginginkan citra dan reputasi yang positif, namun harapan seperti ini tidak mudah dicapai atau diraih. Untuk itu sebuah lembaga pemerintah secara terus menerus perlu berupaya membangun citra dan reputasi yang positif didalam masyarakat.
Menurut Kasali, Government Relations adalah suatu bagian khusus dari tugas public relations yang membangun dan memelihara hubungan dengan pemerintah terutama untuk kepentingan mempengaruhi peraturan dan perundang-undangan. Kasali pun menambahkan bahwa Government Relations memiliki fungsi untuk memantau secara berkala kebijakan pemerintah (baik yang membatasi maupun yang memberi peluang tertentu), membina hubungan baik dengan pejabat pemerintah dan melakukan lobi untuk mempercepat dan mempermudah suatu perizinan.
Tujuan Government Relations Berikut tujuan government relations menurut Kasali :
1. Meningkatkan komunikasi dengan pejabat pemerintah dan lembaga tinggi negara
2. Memantau lembaga pembuat keputusan dan peraturan pada area yang mempengaruhi bidang usaha mereka
3. Mendorong partisipasi para pemilih (rakyat) pada setiap lapisan pemerintahan
4. Mempengaruhi undang-undang yang berdampak pada ekonomi rakyat dan pelaksanaannya
5. Meningkatkan kesadaran dan pemahaman para pembuat keputusan
6. Mengurangi ketidakpastian karena tidak dapat membaca tandatanda peraturan
7. Mempercepat keluarnya keputusan yang berkaitan dengan operasi perusahaan, seperti izin investasi, izin eksploitasi hasil alam, dan sebagainya
8. Meningkatkan pemahaman satu sama lain
9. Mendapatkan perlindungan dan pembelaan pada saat perusahaan menghadapi krisis.
Menurut Kasali, Government Relations adalah suatu bagian khusus dari tugas public relations yang membangun dan memelihara hubungan dengan pemerintah terutama untuk kepentingan mempengaruhi peraturan dan perundang-undangan. Kasali pun menambahkan bahwa Government Relations memiliki fungsi untuk memantau secara berkala kebijakan pemerintah (baik yang membatasi maupun yang memberi peluang tertentu), membina hubungan baik dengan pejabat pemerintah dan melakukan lobi untuk mempercepat dan mempermudah suatu perizinan.
Tujuan Government Relations Berikut tujuan government relations menurut Kasali :
1. Meningkatkan komunikasi dengan pejabat pemerintah dan lembaga tinggi negara
2. Memantau lembaga pembuat keputusan dan peraturan pada area yang mempengaruhi bidang usaha mereka
3. Mendorong partisipasi para pemilih (rakyat) pada setiap lapisan pemerintahan
4. Mempengaruhi undang-undang yang berdampak pada ekonomi rakyat dan pelaksanaannya
5. Meningkatkan kesadaran dan pemahaman para pembuat keputusan
6. Mengurangi ketidakpastian karena tidak dapat membaca tandatanda peraturan
7. Mempercepat keluarnya keputusan yang berkaitan dengan operasi perusahaan, seperti izin investasi, izin eksploitasi hasil alam, dan sebagainya
8. Meningkatkan pemahaman satu sama lain
9. Mendapatkan perlindungan dan pembelaan pada saat perusahaan menghadapi krisis.
Tugas Humas di bedakan menjadi dua, yakni tugas strategis dan taktis, yaitu :
- Tugas strategis : Ikut serta dalam pengambil keputusan.
- Tugas taktis : Memberikan motivasi, memberikan informasi menjalankan komunikasi timbal balik, membuat citra yang baik.
Fungsi pokok Humas
pemerintah pada dasarnya sebagai berikut :
- Mengamankan kebijaksanaan dan program kerja pemerintah yang diwakili nya.
- Menyebarluaskan pesan-pesan dan informasi mengenai kebijaksanaan, hingga mampu mensosialisasikan program-program pembangunan, baik secara nasional maupun daerah kepada masyarakat.
- Menjadi komunikator sekaligus mediator yang proaktif dalam upaya menjembatani kepentingan instansi pemerintah di satu pihak dan menampung aspirasi atau opini public (masyarakat), serta memperhatikan keinginan-keinginan masyarakat di lain pihak.
- Berperan serta secara aktif dalam menciptakan iklim yang kondusif dan dinamis demi mengamankan stabilitas dan program pembangunan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Demikianlah ya, pembahasan saya tentang Government Relation. Sampai jumpa di blog saya yang lainnya ya Guys.
Posting Komentar untuk "GOVERNMENT RELATION"