PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL
Social media merupakan bentuk dari
sebuah penggambaran perkembangan
teknologi yang memungkinkan terjadinya
kegiatan pertukaran berbagai konten
informasi, baik dapat berupa opini-opini,
wawasan, pengalaman dan pandangan-pandangan baik yang bersifat, audio,
visual bahkan audiovisual. Hal ini tentu
saja dapat dimanfaatkan oleh public
relations dalam menyebarkan informasi
kepada publiknya lebih efisien, efektif dan
substansial. Sosial media sebagai
sebuah bentuk demokratisasi dari isi
pesan dan merupakan fenomena
perubahan pada aturan permainan pada
proses menemukan dan menyebarkan ’
informasi (termasuk di dalamnya
menciptakan dan berbagi isi pesan).
Social media menggambarkan suatu
pergeseran dari mekanisme penyiaran
menuju ke arah model,
yang berakar pada format percakapan
antara para komunikator dan para
komunikan dengan menggunakan media
sosial. Semua orang melalui media sosial
yang menggunakan internet dalam
memfasilitasi dapat berbagi pemikiran,
pendapat serta keahliannya ke seluruh
pelosok dunia tanpa batasan ruang dan
waktu
Empat fungsi sosial
media yang dapat diterapkan pada
hubungan komunikasi antara organisasi
dan publiknya berdasarkan pada berbagai
penelitian terkini dalam literatur bidang
public relations, seperti mempertahankan
identitas organisasi, kesempatan dalam
membangun hubungan, kemampuan
untuk mengontrol manajemen isu, dan
kesempatan untuk mempromosikan CSR.
Social media dapat membantu organisasi
dan stakeholder menciptakan dan
memelihara identitas organisasi yang
kuat. Social media yang bersifat interaktif
dapat memberikan kesempatan pada
publik dalam memberikan kontribusi serta membentuk identitas organisasi dengan
menyampaikan pesan informasi secara
lebih berkala dan terbuka dari
sebelumnya.
Social media dapat mendukung
manajemen isu dalam suatu organisasi.
Hal ini dapat dimanfaatkan organisasi
dalam pengambilan keputusan kebijakan
dengan memonitoring dan mengevaluasi
hal-hal yang diperlukan dengan melihat
pada interaksi yang teijadi pada publik.
Organisasi juga dapat memprediksikan
hal-hal yang mungkin akan menyerang
dengan secara proaktif bertanya mengenai
opini dan reaksi publik tentang suatu isu
tertentu. Komunikasi dua arah yang
bersifat langsimg dan seketika pada social
media dapat dimanfaatkan organisasi
dalam memonitor opini dan reaksi
publiknya secara lebih terbuka dan cepat.
Isu dan reaksi publik yang muncul dapat
diredakan dengan memberikan konfirmasi
kebenaran dan menggalang dukungan
emosional pada publik. Social media juga
dapat dimanfaatkan oleh organisasi untuk
menyebarluaskan misi dan nilai CSR yang dilaksanakan pada strategi organisasi.
Organisasi dapat memanfaatkan social
media untuk menginformasikan publik
mengenai berbagai event, kampanye dan
kegiatan lainnya yang berkaitan dengan
CSR organisasi.
Berikut media sosial yang sering digunakan, yaitu :
1. Facebook
Facebook merupakan media sosial paling populer di dunia. Facebook sudah dilengkapi berbagai fitur yang memanjakan para penggunanya, mulai dari yang awam soal internet sampai yang sudah ahli sekalipun tidak akan mengalami kesulitan menggunakan Facebook sebagai sarana berbagi informasi di dunia maya.
2. Twitter
Media sosial yang mirip dengan microblog ini tercatat sebagai media sosial yang paling aktif penggunanya. Sejak diluncurkan tahun 2006 Twitter tumbuh dengan pesat dan saat ini sudah mencapai 284 juta pengguna. Twitter adalah tempat yang tepat untuk membagikan status. Hampir seluruh pengguna internet menggunakan Twitter ini untuk kepentingan masing-masing.
3. Google Plus
Google plus adalah jejaring sosial yang dibesut oleh Google pada tahun 2011, kepopuleran Google+ juga sudah mendunia. Untuk membuat akun media sosial ini juga sangat mudah, cukup membuat akun Google maka secara otomatis akan mempunyai akun Google plus. Google plus menyediakan layanan profile, Google map, Google buzz dan beberapa yang lain yaitu Circles, Hangouts, dan banyak lagi.
4. Instagram
Instagram merupakan media sosial tempat berbagi foto atau video yang paling populer saat ini. Pada awalnya Instagram hanya tersedia di aplikasi IOS (iphone / ipad), tapi saat ini sudah tersedia untuk berbagai OS yang lain seperti android, symbian, windows phone, dll. Kelebihan dari media sosial Instagram adalah bisa mengedit foto agar terlihat lebih bagus dan profesional. Fitur yang tersedia di media sosial ini hampir sama dengan media sosial yang lain yaitu ada hashtag, ada comment, ada mention, ada like, ada follow, banyak masih banyak lagi yang lainya.
5. Pinterest
Situs jejaring sosial ini memungkinkan Anda untuk berbagi foto, acara, minat dan hobi. Bukan hanya sekedar berbagi foto atau file biasa, namun bisa mengelompokkan foto tersebut ke dalam kategori sesuai dengan objek foto tersebut. Hal menarik lainnya dari Pinterest adalah Anda bisa meng-upload foto ke pinboard, lalu meng-sharenya ke dalam website atau media sosial lainnya. Di Indonesia atau di negara Asia lainnya Pintererst kurang populer jika dibandingkan dengan media sosial lain.
6. Tumblr
Tumblr merupakan media sosial yang memungkinkan peggunanya untuk membagikan post yang berbentuk blog mini yang bisa dilihat di dashboardpengguna lain yang mengikuti kita. Anda bisa mengkonesikan Tumbrl dengan media sosial lain seperti Facebook, Twitter, atau Google plus sehingga ketika Anda mem-posting sesuatu di Tumbrl akan secara otomatis akan masuk dan tampil di media sosial lain. Seperti layaknya layanan web lain, Tumbrl juga bisa mendesain tampilan dengan HTML. Sehingga bebas mendesain tampilan sesuai dengan keinginan. Yang membedakan antara Tumblr dengan blog / website profesional adalah Tumblr merupakan blog yang berbasis jejaring sosial. Oleh karena itu yang dipost lebih bersifat kehidupan pribadi.
7. Flickr
Flickr adalah media sosial khusus untuk berbagi foto. Pada media sosial ini memungkinkan kita untuk men-tag dengan kata kunci populer, sehingga foto atau video yang kita upload akan tersebar luas di mesin pencari. Keanekaragaman foto yang di bagikan di Flikr membuat para pemilik blog menjadikannya referensi untuk mencari gambar yang berkualitas.
8. Linkedln
Media sosial Linkedln memungkinkan Anda untuk terhubung dengan jaringan bisnis. Singkatnya dengan memiliki akun Likedln Anda bisa terhubung dengan orang-orang profesional yang ada di jaringan bisnis dunia. Likedln menyediakan lebih dari 20 bahasa layanan termasuk bahasa Indonesia.
9. Social “Chat” Apps
Banyak orang yang mengunakan layanan media sosial ini untuk menggantikan fitur sms dalam berkomunikasi. Aplikasi chat ini bersifat pribadi dan lebih praktis dari sms, atau email karena aplikasi ini bisa di akses dari jaringan kartu sim dan juga koneksi wifi. Kita bisa berkomunikasi dengan sahabat, teman, dan keluarga dimanapun Anda berada. Perbedaan cara berkomunikasi pada masing-masing aplikasi chat tidak terlalu banyak, semuanya rata-rata menyediakan fitur percakapan personal dan juga percakapan group.
Demikian ya Guys, sedikit pengetahuan saya tentang apa pentingnya pengelolaan media sosial bagi seorang praktisi PR. Seorang PR harus mampu mengelola media sosial dengan baik, karena melalui media sosial juga sebuah perusahaan atau instansi dapat mempromosikan produk-produknya. Sampai jumpa di blog saya yang lainnya ya.
Posting Komentar untuk "PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL"